Oleh : Haiqal Arifianto
Kemajuan
suatu bangsa adalah bentuk kemapanan sumber daya manusianya dari berbagai aspek
sehingga mampu me-manage bangsanya. Salah satu lembaga pendukungnya adalah
lembaga pendidikan (sekolah) yang membentuk jiwa pemikir yang akan mengangkat
harkat martabat Negara dengan keilmuan
Sekolah
atau lembaga pendidikan bisa dikatakan sebagai organisasi sosial yang pada
dasarnya sangat berkontribusi untuk kemajuan
sosial dalam bentuk nyata terlihat
melahirkan para ilmuan dan para intelektual. Fungsi empiris sekolah ini sangat
penting keberadaannya untuk mendukung keilmuan dari suatu bangsa.
Sekolah masih bertahan
sampai sekarang karena memiliki beberapa fungsi diantaranya :
1. Mempersiapkan
pada suatu pekerjaan
2. Memberikan
keterampilan dasar
3. Membuka
kesempatan perbandingan nasib
4. Penyedia
tenaga pembangunan
5. Membantu
memecahkan masalah-masalah sosial
6. Mentransmisi
kebudayaan
7. Membentuk
manusia sosial
8. Sebagai
alat transmisi kebudayaan.
Menurut
Merton dari setiap lembaga memiliki sisi fungsi dan sisi disfungsi. Dari sisi
disfungsi tersebut saya menyebut adanya dampak dari lembaga pendidikan dan
sekolah diantaranya : (1) pendidikan memproduksi ketidakadilan, masih terdapat
sistem kelas sosial ekonomi dari lembaga pendidikan dari golongan mampu dan
golongan tidak mampu (2) kebobrokan birokrasi lembaga pendidikan, lembaga
pendidikan nyatanya masih menjadi momok menakutkan bagi sebagian orang karena
sistem birokrasinya yang menyulitkan.
Didunia
pendidikan nasional terdapat strategi pokok untuk pembangunan pendidikan
diantaranya :
1. Peningkatan pemerataan kesempatan pendidikan
2. Peningkatan relevansi pendidikan dengan
pembangunan
3. Peningkatan kualitas pendidikan
4. Peningkatan efisiensi pengelolaan pendidikan.
makasih gan...
BalasHapusmoga bermanfaat
salam sukses
semoga bermanfaat ...
BalasHapussukses selalu