Senin, 01 Oktober 2012

Sekolah Sebagai Organisasi Sosial



Oleh : Haiqal Arifianto

Kemajuan suatu bangsa adalah bentuk kemapanan sumber daya manusianya dari berbagai aspek sehingga mampu me-manage bangsanya. Salah satu lembaga pendukungnya adalah lembaga pendidikan (sekolah) yang membentuk jiwa pemikir yang akan mengangkat harkat martabat Negara dengan keilmuan

Sekolah atau lembaga pendidikan bisa dikatakan sebagai organisasi sosial yang pada dasarnya sangat berkontribusi untuk kemajuan
sosial dalam bentuk nyata terlihat melahirkan para ilmuan dan para intelektual. Fungsi empiris sekolah ini sangat penting keberadaannya untuk mendukung keilmuan dari suatu bangsa.

Sekolah masih bertahan sampai sekarang karena memiliki beberapa fungsi diantaranya :
1.      Mempersiapkan pada suatu pekerjaan
2.      Memberikan keterampilan dasar
3.      Membuka kesempatan perbandingan nasib
4.      Penyedia tenaga pembangunan
5.      Membantu memecahkan masalah-masalah sosial
6.      Mentransmisi kebudayaan
7.      Membentuk manusia sosial
8.      Sebagai alat transmisi kebudayaan.

Menurut Merton dari setiap lembaga memiliki sisi fungsi dan sisi disfungsi. Dari sisi disfungsi tersebut saya menyebut adanya dampak dari lembaga pendidikan dan sekolah diantaranya : (1) pendidikan memproduksi ketidakadilan, masih terdapat sistem kelas sosial ekonomi dari lembaga pendidikan dari golongan mampu dan golongan tidak mampu (2) kebobrokan birokrasi lembaga pendidikan, lembaga pendidikan nyatanya masih menjadi momok menakutkan bagi sebagian orang karena sistem birokrasinya yang menyulitkan.

Didunia pendidikan nasional terdapat strategi pokok untuk pembangunan pendidikan diantaranya : 
1. Peningkatan pemerataan kesempatan pendidikan
2. Peningkatan relevansi pendidikan dengan pembangunan
3. Peningkatan kualitas pendidikan
4. Peningkatan efisiensi pengelolaan pendidikan.

2 komentar: